4 Cara Mengatasi Nyeri pada Kulit Kepala dari Pijat hingga Scrub Khusus

Beberapa orang kerap mengalami nyeri di bagian kulit kepala. Sensasinya pun terasa aneh bukan seperti luka tetapi lebih merupakan perasaan tidak nyaman seperti gatal, sakit, kesemutan, atau terbakar. Penyebabnya pun beragam dari penumpukan produk perawatan rambut, panas dari pengering rambut, menata rambut dengan kuncir kuda yang terlalu ketat hingga stres.

Setelah Anda dapat mengidentifikasi dari mana ketegangan dan rasa sakit pada kulit kepala berasal, Anda pasti ingin melakukan yang terbaik untuk meredakannya. Solusinya bisa semudah mengendurkan gaya rambut Anda atau memijat kulit kepala Anda secara teratur. Tetapi jika Anda kesulitan untuk mengidentifikasi masalahnya, Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional.

Berkut ini cara mengatasi nyeri kulit kepala

1. Longgarkan gaya rambut AndaIni mungkin tampak jelas, tetapi sangat diperlukan jika gaya rambut ketat adalah penyebab ketegangan kulit kepala Anda. Jika Anda benar-benar perlu memberikan sedikit kelegaan pada kulit kepala Anda, Trichologist bersertifikat William Gaunitz menyarankan untuk menurunkan rambut Anda sama sekali.

Tetapi jika Anda masih ingin tampil dengan updo khas Anda, penata rambut Debin Toth memiliki beberapa tips dan trik untuk mengurangi beberapa tarikan. Jika Anda menarik rambut ke belakang menjadi kuncir kuda yang tinggi, ia menyarankan untuk menyisir rambut ke belakang dengan lembut terlebih dahulu sebelum menyisirnya ke belakang seluruhnya. Dia juga merekomendasikan penggunaan elastis yang mengandalkan tekstur daripada kekencangan. “Pilihan lain adalah membiarkan bagian rambut yang membingkai wajah ke bawah dan keluar dari kuncir kuda, dan dengan lembut menyematkan bagian rambut itu ke belakang dengan jepit rambut,” ujar Toth seperti dilansir dari laman Mind Body Green. Untuk kepang, pastikan Anda berhati-hati dengan seberapa ketat Anda menarik saat menata gaya.

2. Gunakan scrub kulit kepala atau sampo pengelupasanSama seperti kulit Anda yang membutuhkan pengelupasan kulit secara teratur, kulit di kulit kepala Anda juga mendapat manfaat dari langkah ini. Scrub kulit kepala adalah cara yang bagus untuk memecah dan menghilangkan penumpukan, tetapi sebelum memasukkan scrub ke dalam rutinitas Anda, penting untuk dicatat bahwa tidak semua scrub kulit kepala dibuat sama.

Meskipun ada scrub pengelupasan kulit kepala fisik yang menggunakan garam laut atau gula yang dicampur dengan minyak esensial, ini lebih lanjut dapat mengiritasi peradangan dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Di situlah exfoliant kimia seperti minyak pohon teh dan asam salisilat bisa berguna. Sebagai zat, minyak pohon teh adalah bahan yang bagus untuk menghilangkan dan mencegah penumpukan dengan sifat anti-inflamasi yang sama-sama bermanfaat. Adapun asam salisilat, itu adalah asam beta-hidroksi yang menghilangkan kelebihan minyak dan sel-sel mati yang dapat menyebabkan iritasi, pengelupasan, atau ketombe.

3. Pijat kulit kepala Anda sendiriJika menurut Anda stres atau gaya rambut ketat mungkin ada hubungannya dengan nyeri kulit kepala Anda, memijat kulit kepala secara teratur dapat membantu meringankan rasa sakit ini sekaligus melonggarkan ketegangan yang menumpuk. “Memijat kulit kepala Anda dengan minyak kelapa dua hingga tiga kali seminggu dan mencucinya setelah 45 menit,” kata Gaunitz, dapat membantu. Minyak kelapa tidak hanya akan memudahkan jari-jari untuk bergerak melalui rambut Anda, tetapi juga memberikan sifat menenangkan dan penyembuhan untuk kulit dan kelembaban untuk kulit dan rambut.

Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan bantalan jari Anda untuk memberikan tekanan sedang hingga keras pada kulit kepala Anda dan bergerak dengan gerakan melingkar. Jika Anda ingin berinvestasi dalam alat untuk ini, ada pemijat kulit kepala yang berbeda yang dapat digunakan secara teratur di kamar mandi. Sementara itu, Gaunitz juga merekomendasikan penggunaan batu gua sha. (Berikut adalah batu gua sha terbaik di pasaran, jika Anda tertarik.)

4. Carilah bantuan profesionalJika rasa sakit dan ketegangan kulit kepala melampaui gaya rambut ketat atau stres yang dapat dihilangkan melalui pijat kulit kepala biasa, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter kulit, penata rambut, atau profesional lainnya untuk mendapatkan bantuan ahli mereka. Ini akan menjadi sangat diperlukan jika Anda berurusan dengan kondisi kulit atau kulit kepala seperti dermatitis seboroik dan psoriasis.

Tinggalkan Balasan