5 Tanda Ginjal Tidak Bekerja Optimal, Kaki Bengkak hingga Kulit Gatal

Ginjal berfungsi menyaring limbah dari tubuh. Ketika ginjal rusak karena cedera fisik atau kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, organ ini tidak dapat menyaring racun dari tubuh. Akibatnya, terjadi penumpukan racun.

Tanda-tanda kerusakan ginjal sangat samar sehingga sering tidak disadari pada tahun-tahun awal. Itu sebabnya, penyakit ginjal juga sering dijuluki pembunuh dalam senyap.

Berikut adalah beberapa tanda umum ketika ginjal mulai bekerja tidak efisien, dikutip dari Times of India, Senin, 20 Desember 2021.

1. Pergelangan kaki bengkak

Ginjal membantu menyaring limbah dan kelebihan natrium dari tubuh. Ketika dua organ berbentuk kacang di perut bagian bawah ini tidak dapat berfungsi secara efisien, tubuh mulai menahan natrium. Akhirnya penumpukan itu menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tulang kering. Kondisi ini disebut sebagai edema.

Pembengkakan juga mungkin terjadi di area tubuh lain, seperti mata dan wajah, juga mempengaruhi tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki dan kaki.

2. Kelelahan

Merasa lelah atau lemah terus-terusan umumnya merupakan tanda awal dari masalah ginjal. Saat gangguan ginjal menjadi parah, orang tersebut mulai merasa semakin lemah dan lelah. Bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga sederhana atau berjalan sedikit mungkin tampak sangat melelahkan.

3. Nafsu makan berkurang

Akumulasi racun dan limbah dalam tubuh juga dapat menurunkan nafsu makan, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. Alasan lain untuk nafsu makan rendah adalah mual dan muntah di pagi hari.

4. Perubahan frekuensi buang air kecil

Orang sehat normalnya buang air kecil 6-10 kali sehari. Menggunakan toilet lebih dari itu bisa menjadi indikasi kerusakan ginjal. Ketika ginjal bermasalah, penderita mungkin buang air kecil terlalu sedikit atau terlalu sering. Kedua kondisi tersebut selanjutnya dapat merusak ginjal. Sebagian penderita mungkin akan melihat darah dalam urine mereka. Penyebabnya adalah sel darah mulai bocor ke urin karena ginjal yang rusak.

5. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal disertai gejala kerusakan ginjal lainnya bisa menjadi tanda gangguan ginjal stadium lanjut. Hal ini dapat terjadi ketika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga mulai menumpuk dalam darah, menyebabkan kulit gatal, kering dan berbau tidak enak. Masalah ginjal juga dapat menyebabkan penyakit tulang.

Dengan mengenali tanda-tanda awalnya, gangguan ginjal tahap lanjut bisa dicegah. Risiko terkena gangguan ginjal lebih tinggi pada orang yang menderita tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, dan kolesterol tinggi. Jadi, jika mengalami kondisi tersebut, sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan untuk mengetahui kinerja organ lainnya.

Tinggalkan Balasan