6 Cara Cerdas Mengelola Keuangan bagi Wanita agar Tidak Bokek

Tak peduli pria atau wanita, semua orang dituntut memiliki kemandirian finansial. Kemandirian ini membuat orang tidak bergantung secara keuangan pada orang lain dan bisa menjalani rencana dalam hidupnya.

Bagi wanita, kemandirian keuangan dimulai sejak masa lajang. Seorang perempuan mandiri dituntut memiliki pemasukan sendiri dan rencana keuangan untuk persiapan masa depan.

Berikut 6 kebiasaan yang dilakukan semua wanita mandiri agar tidak bokek, yang dilansir dari Times of India.

1. Minimalkan penggunaan kartu kredit

Beralihlah ke kartu debit di mana pun bisa agar memiliki gambaran tentang berapa banyak uang yang tersisa di rekening.

2. Jangan buang waktu

Biasanya orang sering menunda menabung karena merasa selalu ada keperluan. Sisihkan setidaknya 10 persen dari gaji untuk ditabung mulai dari sekarang. Jika bisa, masukkan sedikit lebih banyak. Tidak peduli berapa banyak yang akan didapatkan, mulailah menabung dari sekarang.

3. Hindari belanja impulsif

Jika menikmati belanja impulsif maka sudah saatnya mengendalikannya. Itu hanya memberikan kebahagiaan sesaat tetapi bikin kantong bolong. Buat daftar semua yang benar-benar butuhkan dan patuhi itu. Jika benar-benar ingin membeli, cari barang dengan harga miring.

4. Investasi

Berapa pun gaji yang didapatkan, simpanlah untuk tujuan investasi. Buka reksadana, polis asuransi, dll. Jika menyukai emas, maka mulailah membelinya. Bisa pilih membeli sesuatu yang bisa dipakai atau sebagai investasi.

5. Buat anggaran

Buat anggaran mingguan atau bulanan dan patuhi itu. Kelola semua pengeluaran dalam anggaran itu. Tuliskan semua pemasukan dan pengeluaran sehingga tahu ke mana perginya uang itu dan untuk apa saja.

6. Dana darurat

Pandemi mengajarkan orang betapa pentingnya perencanaan keuangan, termasuk dana darurat. Pastikan memilikinya. Bahkan ketika seseorang keluarga memberi sedikit uang jajan, alih-alih menggunakan uang itu, jadikan itu bagian dari dana darurat.

Tinggalkan Balasan