Keselamatan Berkendara: Tips Mengatasi Wiper Macet Saat Hujan Deras

Musim hujan diketahui sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia pada akhir tahun ini. Kondisi ini membuat pengendara mobil harus memperhatikan beberapa tips keselamatan berkendara, termasuk mengetahui cara mengatasi wiper macet saat hujan deras.

Wiper memang merupakan fitur yang paling dibutuhkan para pengemudi saat sedang berkendara di tengah hujan deras. Akan tetapi, fitur ini bisa saja mengalami masalah seperti tidak ingin bergerak sesuai yang diharapkan.

Untuk itu, redaksi Tempo mencoba untuk kembali mengingatkan bagaimana tips keselamatan berkendara untuk mengatasi wiper macet saat hujan deras melanda. Berikut ulasannya:

Pertama-tama, pengemudi disarankan untuk berhenti di tempat aman ketika wiper macet. Anda bisa menunggu dan bersabar sampai akhirnya hujan berhenti. Dengan begitu, pengendara mobil bakal terhindar dari bahaya.

Langkah kedua, pemilik kendaraan bisa menggunakan sabun untuk menggosok kaca depan. Hal ini nantinya bisa membuat air hujan turun dengan cepat dan tidak menghalangi pandangan pengendara.

Tips keselamatan berkendara terakhir adalah menggerakkan wiper secara manual. Anda bisa menggunakan tangan untuk menggerakkan wiper sesuai dengan fungsinya. Caranya, pengemudi bisa mengikat lengan wiper dengan tali karet hingga kabin sopir.

Langkah ini terbilang cukup merepotkan pengendara mobil. Karena, selain harus fokus dengan jalanan, pengemudi juga harus menggerakkan wiper secara manual. Jika hal ini terlalu sulit, maka Anda lebih baik mengikuti tips atau poin pertama.

Tinggalkan Balasan