Piaggio Gandeng Perusahaan Cina untuk Pengembangan Mesin Skuter 150 Cc

Piaggio bekerja sama dengan produsen sepeda motor asal Cina, Zongshen untuk mengembangkan mesin skuter berkapasitas kecil 150cc. Kendaraan dengan mesin kecil memang paling banyak diminati untuk pasar Asia Tenggara, khususnya skuter.

Dilansir dari laman Rideapart hari ini, Jumat, 31 Desember 2021, rencananya pengembangan mesin skuter berkapasitas kecil ini nantinya akan digunakan untuk produk kendaraan roda dua di pasar Asia dan Eropa. Mesin baru yang dikembangkan ini diberi nama G150S.

Mesin G150S ini memiliki arsitektur yang mirip dengan mesin yang menggerakan skuter populer seperti Yamaha Nmax, Honda ADV150, dan beberapa skuter kelas 150 cc lain. Mesin ini mampu menghasilkan daya 15 HP dan torsi sekitar 15 Nm dan sudah dilengkapi sistem bahan bakar injeksi dan pendingin cairan.

Sama seperti sebagian besar skuter kecil premium, mesin G150S ini kompatibel dengan sejumlah fitur teknis seperti menyalakan mesin skuter tanpa kunci atau keyless, silent start, dan engine cutoff otomatis saat lalu lintas padat atau saat sedang berhenti di lampu merah.

Mengingat banyak produsen sepeda motor besar yang menggunakan mesin yang sama di berbagai platform, maka kemungkinan mesin G150S baru ini juga akan digunakan di beberapa model kendaraan. Kendaraan Piaggio dengan mesin baru G150S ini rencananya akan diluncurkan mulai 2022.

DICKY KURNIAWAN | RIDEAPART | WP

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Tinggalkan Balasan