Terkini Bisnis: IHSG Anjlok hingga Dampak UU Cipta Kerja ke Investasi

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Jumat siang, 26 November 2021, dimulai dari IHSG ditutup anjlok ke level 6.561,5 hingga Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani yakin putusan MK soal UU Cipta Kerja tidak berdampak serius ke investasi.

Adapula berita tentang 4 seksi Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi Desember dan soal kantor anak usaha BUMN PT RNI (Persero), PT PG Rajawali II, digeledah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang siang ini:

1. IHSG Ditutup Anjlok ke Level 6.561, Samuel Sekuritas: Pertama Sejak 16 November

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG anjlok pada penutupan hari ini, Jumat, 26 November 2021, diikuti dengan memerahnya nyaris semua indeks sektoral yang ada di BEI. Samuel Sekuritas mencatat pelemahan terdalam di antara indeks sektoral hari ini ditunjukkan oleh indeks sektor industri (IDXINDUST).

“Indeks sektor industri melemah 3,6 persen,” dikutip dari tim analis Samuel Sekuritas dalam keterangan tertulis Jumat, 26 November 2021.

Indeks sektor industri dasar dan kimia (IDXBASIC) menjadi saham yang melemah kedua paling dalam yaitu 2,8 persen dan indeks sektor energi (IDXENERGY) melemah 2,6 persen.

Hanya indeks sektor kesehatan (IDXHEALTH) yang mengakhiri sesi perdagangan hari ini di zona hijau (+0,2 persen). Salah satu yang mengangkat indeks sektoral ini adalah menguatnya saham emiten rumah sakit Grup Lippo, Siloam International Hospitals (SILO) yang mengakhiri sesi perdagangan hari ini di titik Rp 10.850 per saham (+11,2 persen).

Sebagai pengingat, saham SILO baru saja masuk sebagai salah satu pengisi indeks MSCI Small Cap, suatu indeks yang berisi saham-saham pilihan Morgan Stanley Capital International.

Baca berita selengkapnya di sini.

1234 Selanjutnya

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani meyakini putusan Mahkamah Konstitusi mengenai Undang-undang atau UU Cipta Kerja tidak berdampak serius pada ekonomi, khususnya iklim investasi.

“Boleh kami sampaikan, relatif tidak ada dampak yang serius,” ujar dia dalam konferensi pers, Jumat, 26 November 2021.

Keyakinan Hariyadi itu beralasan. Ia menilai permasalahan yang perlu diselesaikan hanya revisi dari Undang-undang pembentukan UU Cipta Kerja, yaitu UU Nomor 12 Tahun 2011.

“Insyaallah tidak ada dampak serius. Ini perlu kami sampaikan karena ada persepsi terlalu multitafsir baik dalam dan luar negeri yang akan mendegradasi atau menurunkan minat orang mau investasi ke Indonesia,” ujar Ketua Umum Apindo tersebut.

Ia mengatakan di tengah multitafsir yang ada di masyarakat, pemerintah dan DPR perlu menegaskan sikapnya. Dengan penjelasan dari dua pemangku kepentingan itu, ia meyakini tak ada konsekuensi apa pun dari multitafsir di masyarakat.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Konsorsium Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu menargetkan operasional tol tersebut secara resmi beroperasi pada Desember 2021. Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq mengatakan kesiapan pengoperasian tol Cisumdawu ini dititikberatkan pada seksi 1, 2, 3, dan 6 ditambah akses tol ke Bandara Kertajati.

“Kami berharap akhir Desember ini sudah full beroperasi ya, itu harapannya mudah-mudahan,” katanya di Bandung, Jumat, 26 November 2021.

Jasa Sarana yang tergabung dalam konsorsium PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menggarap konsesi di seksi 2-6. Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong, seksi 2 Tanjungsari-Sumedang, dan sebagian seksi 3 Sumedang-Cimalaka, menurutnya, sudah memenuhi kesiapan di atas 90 persen.

Kemudian kesiapan tiga seksi ini ditambah Seksi VI Ujungjaya-Dawuan yang dibangun untuk menopang akses ke Bandara Kertajati dan terhubung dengan Tol Cikopo-Palimanan. “Sudah siap dibuka, termasuk akses tol Kertajati yang ditopang oleh seksi VI sudah selesai,” katanya.

Menurutnya, kepastian pengoperasian sebagian seksi Cisumdawu tersebut menunggu arahan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Di sisi lain, saat ini pihak CKJT terus mengebut pembebasan lahan dan pembangunan fisik di Seksi IV Cimalaka-Legok, Seksi V Legok-Ujungjaya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Anak usaha BUMN PT RNI (Persero), PT PG Rajawali II, menghormati pemeriksaan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat di kantor PT PG Rajawali II pada 24 November 2021.

“Kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan mengenai rangkaian penyidikan kasus tahun 2020, dan sebagai upaya transparansi kami mempercayakan Kejati Jabar sebagai lembaga berwenang untuk mengusut tuntas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” kata Direktur PT PG Rajawali II Ardian Wijanarko, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, 26 November 2021.

Ardian memastikan operasional PG Rajawali II berjalan dengan baik dengan berpedoman good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik.

“Sesuai GCG, kami menghormati proses penyidikan yang berjalan, dan kami pastikan operasional PT PG Rajawali II tetap berjalan dan pelayanan tetap optimal,” katanya.

Ardian mengemukakan, penyidikan yang dilaksanakan Kejati Jawa Barat ke kantor PT PG Rajawali II berlangsung dengan baik. Manajemen PTG Rajawali II juga kooperatif dan transparan selama pemeriksaan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan